Nasution, Subhan Abadi (2018) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143141063 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 4143141063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM 4143141063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
4. NIM 4143141063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 4143141063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 4143141063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4143141063 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4143141063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM 4143141063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4143141063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1
Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA 5 dan MIA 6 yang berjumlah 72 orang yang
diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar sebagai alat pengumpul data. Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment diperoleh rhitung rtabel ( 0,57 > 0,235) artinya terdapat korelasi yang positif antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBM) dengan hasil belajar dan termasuk kedalam kategori sedang. Hasil uji determinasi sebesar 32,49 % menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Perubahan Lingkungan memberikan konstribusi sebesar 32,49% terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung ttabel atau 8,62 > 1,994.
Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Perubahan Lingkungan
dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 205 |
Keywords: | persepsi siswa, model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31025 |