Liana Siregar, Kiki (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321015 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2. NIM 4133321015 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM 4133321015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4133321015 KATA PENGANTA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 4133321015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4133321015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 4133321015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4133321015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM 4133321015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. NIM 4133321015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pretest
dan Pos-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X MIPA-3 sebagai kelas
kontrol berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay test sebanyak 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak).
Nilai rata-rata pretes diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 51,06 dan 47,33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kedua kelas kemudian diberi
perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran inquiry training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah diberi
perlakuan, nilai rata-rata postes diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 78,53 dan 68,73. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung=6,66 dan ttabel= 1,67. Hasil analisis menunjukkan thitung> ttabel maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran
inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 159 |
Keywords: | model inquiry training, hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31024 |