SITEPU, JUNITA ELVIANI (2018) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143121026 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 4143121026 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM. 4143121026 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4143121026 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 4143121026 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 4143121026 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4143121026 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4143121026 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 4143121026 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 4143121026 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model Problem Based
Learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik kelas X semester II pada
materi pokok Impuls, Momentum dan Tumbukan di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam
T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A.
2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling
dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
literasi sains peserta didik adalah tes literasi sains dalam bentuk essai. Uji normalitas
menggunakan uji liliefors, uji homogentias menggunakan uji F dan uji hipotesis
menggunakan uji t.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,4 dan
nilai rata-rata pretes kelas kontrol 31,1. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung < Ltabel
sehingga data pretes dan postes yang diperoleh dari kelas kontrol dan kelas
eksperimen berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel
sehingga dapat dinyatakan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini
dinyatakan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 1,74 < 2,002, berarti
kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang
berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol
dengan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas
eksperimen 54,44 dan kelas kontrol 35,08. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel =
9,71 > 2,002.
Dengan demikian ada efek model problem based learning terhadap
peningkatan literasi sains pada materi pokok Impuls, Momentum dan Tumbukan
kelas X semester II di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A. 2017/2018.
Kata kunci: Konvensional, Model Problem Based Learning, literasi sains
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 160 |
Keywords: | Problem Based Learning, Literasi Sains, Momentum, Impuls, dan Tumbukan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31019 |