EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A 2017/2018

SITEPU, JUNITA ELVIANI (2018) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143121026 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143121026 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143121026 APPROVAL SHEET_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143121026 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143121026 ABSTRACT_doc.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143121026 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143121026 PREFACE_doc.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143121026 PREFACE_doc.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143121026 TABLE OF CONTENT_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143121026 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143121026 TABLES_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143121026 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143121026 ILLUSTRATION_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143121026 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143121026 CHAPTER I_doc.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143121026 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143121026 CHAPTER V_doc.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143121026 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143121026 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143121026 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model Problem Based
Learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik kelas X semester II pada
materi pokok Impuls, Momentum dan Tumbukan di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam
T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A.
2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling
dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
literasi sains peserta didik adalah tes literasi sains dalam bentuk essai. Uji normalitas
menggunakan uji liliefors, uji homogentias menggunakan uji F dan uji hipotesis
menggunakan uji t.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,4 dan
nilai rata-rata pretes kelas kontrol 31,1. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung < Ltabel
sehingga data pretes dan postes yang diperoleh dari kelas kontrol dan kelas
eksperimen berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel
sehingga dapat dinyatakan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini
dinyatakan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 1,74 < 2,002, berarti
kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang
berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol
dengan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas
eksperimen 54,44 dan kelas kontrol 35,08. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel =
9,71 > 2,002.
Dengan demikian ada efek model problem based learning terhadap
peningkatan literasi sains pada materi pokok Impuls, Momentum dan Tumbukan
kelas X semester II di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.A. 2017/2018.
Kata kunci: Konvensional, Model Problem Based Learning, literasi sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 160
Keywords: Problem Based Learning, Literasi Sains, Momentum, Impuls, dan Tumbukan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:51
Last Modified: 19 Oct 2018 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31019

Actions (login required)

View Item
View Item