MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA SALSA TAHUN AJARAN 2017/2018

SARI, YUSNITA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA SALSA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. NIM. 1143311076- COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. NIM. 1143311076- COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311076_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311076_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 1143311076-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 1143311076-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 1143311076-DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 1143311076-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311076-DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311076-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311076-DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311076-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311076-DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311076-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1143311076_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1143311076_BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 1141111072-BAB V.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 1141111072-BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 15.NIM.1141111072_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15.NIM.1141111072_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated
Reading and Composition) pada siswa kelas IV SD Swasta Salsa T.A 2017/2018 .
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
siswakelas IV SD Swasta Salsa T.A 2017/2018. Berjumlah 19 orang siswa dengan
rincian 9 orang siswa laki-lakidan 10 orang siswa perempuan. Objek dalam
penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa dengan
menggunakan kelas IVmelalui model CIRC. Penelitian dilakukan dalam dua
siklus, dengan 4 (empat) tahapan masing-masing siklusnya yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, observasi. Adapun alat pengukuran datanya adalah tes,
lembar observasi.
Dari hasil analisis data tindakan yang dilakukan kepada 19 orang siswa.
Menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong rendah
dengan nilai rata-rata 31,57. Setelah siklus I hasil kemampuan membaca
pemahaman siswa tergolong masih rendah dengan nilai rata-rata 68,42. Untuk
siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman dengan nilai rata-rata 85,78
dengan kategori sangat baik.
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari jumlah siswa
yang telah mencukupik riteria ketuntasan minimal atau (KKM) 70. Selanjutnya
hasil pembelajaran dengan model CIRC terhadap guru siklus I memperoleh nilai
71,67 dengan kategori baik, Sedangkan pada siklus II hasil pembelajaran dengan
model CIRC terhadap guru memperoleh nilai 83,33 dengan kategori sangat baik.
Pada hasil aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh nilai 84,36 dengan kategori
cukup. Sedangan padasiklus II hasil aktivitas belajar siswa memperoleh nilai
94,73dengan kategori baik.
Dari hasil analisis data ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran
Bahasa Indanesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 454
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:49
Last Modified: 19 Oct 2018 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31017

Actions (login required)

View Item
View Item