SARI, YUSNITA (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA SALSA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. NIM. 1143311076- COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 1143311076_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3.NIM. 1143311076-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5.NIM. 1143311076-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. NIM. 1143311076-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 1143311076-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
9. NIM. 1143311076-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
10. NIM. 1143311076_BAB I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14.NIM. 1141111072-BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
15.NIM.1141111072_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated
Reading and Composition) pada siswa kelas IV SD Swasta Salsa T.A 2017/2018 .
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
siswakelas IV SD Swasta Salsa T.A 2017/2018. Berjumlah 19 orang siswa dengan
rincian 9 orang siswa laki-lakidan 10 orang siswa perempuan. Objek dalam
penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa dengan
menggunakan kelas IVmelalui model CIRC. Penelitian dilakukan dalam dua
siklus, dengan 4 (empat) tahapan masing-masing siklusnya yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, observasi. Adapun alat pengukuran datanya adalah tes,
lembar observasi.
Dari hasil analisis data tindakan yang dilakukan kepada 19 orang siswa.
Menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong rendah
dengan nilai rata-rata 31,57. Setelah siklus I hasil kemampuan membaca
pemahaman siswa tergolong masih rendah dengan nilai rata-rata 68,42. Untuk
siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman dengan nilai rata-rata 85,78
dengan kategori sangat baik.
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari jumlah siswa
yang telah mencukupik riteria ketuntasan minimal atau (KKM) 70. Selanjutnya
hasil pembelajaran dengan model CIRC terhadap guru siklus I memperoleh nilai
71,67 dengan kategori baik, Sedangkan pada siklus II hasil pembelajaran dengan
model CIRC terhadap guru memperoleh nilai 83,33 dengan kategori sangat baik.
Pada hasil aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh nilai 84,36 dengan kategori
cukup. Sedangan padasiklus II hasil aktivitas belajar siswa memperoleh nilai
94,73dengan kategori baik.
Dari hasil analisis data ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran
Bahasa Indanesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 454 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31017 |