MARDIYAH, HEQAL (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142009 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7141142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM. 7141142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4. NIM. 7141142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM. 7141142009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 7141142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7141142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7141142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
14. NIM. 7141142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran
Student Facilitator And Explaining dengan Strategi Student Team Heroic
Leadership.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 4 yang berjumlah 35
siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Student
Facilitator And Explaining dengan Strategi Student Team Heroic Leadership.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2
siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes
dan Lembar Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data
kualitatif dan kuantatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis
siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang
sangat kritis, 19 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 54,3%, 16
siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 45,7%, dan tidak ada
siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Terjadi peningkatan pada siklus II
sebanyak 19 siswa dengan persentase 54,3% kemampuan berpikir yang sangat
kritis, 14 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 40%, 2 siswa
masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 5,7%, dan tidak ada siswa
masuk dalam kategori kurang kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang
dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat
21 siswa (60%) yang tuntas menjadi 32 siswa (91,43%) pada siklus II. Sebagai
indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75.
Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Student
Facilitator And Explaining dengan Strategi Student Team Heroic Leadership
dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa pada materi Dokumen Transaksi dan Jurnal Khusus di Kelas XI Akuntansi
SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 114 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Strategi Student Team Heroic Leadership |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31013 |