Fauziah (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP IT AL-IHYA TG. GADING T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142111007 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 4142111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4142111007 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 4142111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
8. NIM 4142111007 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
10. NIM 4142111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 4142111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
15. NIM 4142111007 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas lembar aktivitas siswa
yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended, (2) mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengggunakan lembar aktivitas
siswa yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended, (3) mengetahui respon
siswa terhadap pembelajaran menggunakan lembar aktivitas siswa yang
dikembangkan dengan pendekatan open-ended. Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan, menggunakan model 4-D (Four D Models) yang
dikemukakan oleh Thiagarajan, S.Semmel, dan DS.Semmel, MI. yang telah
dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu define (pendefinisian), design
(perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek ujicoba dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP IT AL-IHYA Tg. Gading. Yang digunakan dalam
penelitian ini sebagai alat pengumpul data yaitu instrumen tes kemampuan
berpikir kreatif matematika siswa adalah pretes dan postest dalam bentuk tes
uraian pada materi peluang sebanyak 3 soal yang telah dinyatakan valid oleh para
ahli. Kemudian disusun pula lembar aktivitas siswa dan angket respon siswa serta
lembar keterbacaan terhadap lembar aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini: (1) koefisien validitas lembar aktivitas siswa sebesar 4,63 dengan
kategori “valid”, (2) efektivitas lembar aktivitas siswa yang dikembangkan
dengan pendekatan open-ended didasarkan pada: a. pengamatan kemampuan guru
mengelola pembelajaran dengan rata-rata hasil sebesar 3,90 kategori “cukup
baik”, b. ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88% secara keseluruhan
pencapaian ini telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥ 85% dari jumlah
siswa dengan ketuntasan individu nilai minimal 2,67 dengan predikat B-, dan
c.ketercapaian indikator berada pada kategori batasan keefektifan, (3) peningkatan
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan lembar aktivitas siswa
yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended pada ujicoba lapangan
diperoleh rata-rata peningkatan yaitu 0,65, (4) hasil angket respon siswa terhadap
komponen perangkat pembelajaran adalah kriteria “positif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 150 |
Keywords: | Pendekatan open-ended, kemampuan berpikir kreatif, pengembangan lembar aktivitas siswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 12:44 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31011 |