SAGALA, AMELIA OCTAVIANA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS DI SMA NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4141121002 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 4141121002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NIM 4141121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 4141121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5. NIM 4141121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 4141121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4141121002 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4141121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM 4141121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14.NIM 4141121002 BIBLIOGHRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas
di SMA Negeri 10 Medan.
Penelitian ini adalah jenis quasi experiment dengan desain two group
pretest-posttest design. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri
10 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Dengan teknik cluster random sampling
terpilih 2 kelas yaitu, kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dan kelas XI MIA-2 sebagai
kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk
essay test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretes kelas eksperimen
36,25 dan kelas kontrol adalah 36,50. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas
berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf
signifikansi α = 0,05 maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan
awal yang serba sama. Selanjutnya dilakukan perlakuan pada masing-masing
kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 81,70 dan
rata-rata nilai postes kelas kontrol sebesar 66,12. Berdasarkan hasil analisis data
kedua kelas berdistribusi normal dan homogen Dari hasil pengujian hipotesis
dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 2,426 dan tabel t = 1,668. Karena
hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh hasil belajar siswa akibat model pembelajaran learning cycle 5E
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Teori Kinetik Gas di SMA Negeri
10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 161 |
Keywords: | model pembelajaran learning cycle 5E, hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 09:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31000 |