Julismin (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR METEOROLOGI DAN KLIMATOLOGI PADA MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI SEMESTER II UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500071188230071 Abstrak.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
1500071188230071 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
1500071188230071 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
1500071188230071 Bab I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
1500071188230071 Bab V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
1500071188230071 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar mahasiswadalam matakuliah Meteorologi dan Klimatologi antara kelompok mahasiswa yang diajardengan menggunakan media grafis peta dengan kelompok mahasiswa yang diajar denganmenggunakan media grafis sketsa, (2) perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yangmemiliki kemampuan awal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki kemampuan awalrendah, dan (3) interaksi antara penggunaan media grafis dengan kemampUan awal dalammempengaruhi hasil belajar Meteorologi dan Klimatologi mahasiSwa.Penelitian dilakukan di Jurusan Qeografi Universitas Negeri Medan pada mahasiswaangkatan tahun 2008/2009 semester Netode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode Kuasi Eksperimen dengan Taneangan -factorial 2x2. Sampel .penelitian sebanyak 52orang yang terdiri dari 26 orang mahasiswa kelas reEuler A dan 26 orang mahasiswa kelasreguler B. Perlakuan yang diberikan adalah..periggunaan media grafis peta pada satukelompok dan media grafis sketsa pada kelompok lainnya. Data diperoleh denganmelakukan uji terhadap hasil belajar matakuliah Meteorologi dan Klimatologi mahasiswasetelah perlakuan pembelajaran diberikan. ..Teknik analisis .data yang. digunakan adalahteknik analisis varians (Anava) dengan taralsignifikan α = 0,05. .Hasil pengujian hipotesis mernbUktikan bahwa :(1) Terdapat perbedaan basil belajarmahasiswa yang diajar dengan menggunakan media grafis peta dan media gratis sketsa (Fhitung = 28,99 > Ftabel = 4,22); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yangmemiliki kemampuan awal tinggi dan mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah (Fhitung = 10,88 > Ftabel = 4,22); (3) Terdapat interaksi antara penggunaan media grafis dankemampuan awal mahasiswa terhadap hasil belajar Meteorologi dan Klimatologi (Fhitung66,57 > Ftabel = 4,22). Hasil penelitian ini memberi kesimpulan .bahwa kelorripok mahasiswa yang diajardengan menggunakan media grafis .peta -memperoleh skor rata-rata 21,35 lebih baik daripadakelompok mahasiswa yang diajar dengan menggunakan media gratis sketsa yakni sebesar17,77. Demikian Pula untuk kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggimemperoleh skor rata-rata 20,65 lebih baik daripada kelompok mahasiswa yang memilikikemampuan awal rendah yakni sebesar.18,46. Selanjutnya terdapat interaksi antarapenggunaan media gratis dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Hal ini terlihat dari skor rata rata basil belajar . kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah . pada .penggunaan media. grafis peta yakni 20,69. Sedangkan kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada penggunaanmedia gratis sketsa mencapai skor hasil belajar rata-rata lebih tinggi yakni sebesar 23,08.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.3 Jul p |
Keywords: | Klimatologi; Meteorologi; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC851 Meteorology. Climatology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3099 |