Azizan, Nashran (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN PERJUANGAN T.A 2017-2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NASHRAN AZIZAN 8166181018 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NASHRAN AZIZAN 8166181018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
3. NASHRAN AZIZAN 8166181018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NASHRAN AZIZAN 8166181018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NASHRAN AZIZAN 8166181018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NASHRAN AZIZAN 8166181018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NASHRAN AZIZAN 8166181018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NASHRAN AZIZAN 8166181018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NASHRAN AZIZAN 8166181018 BAB I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
13. NASHRAN AZIZAN 8166181018 BAB V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NASHRAN AZIZAN 8166181018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar PPKn siswa yang masih rendah sehingga menyebabkan tidak tercapainya tujuan dari pendidikan yaitu memperoleh nilai pengetahuan, penguasaan, keterampilan dan pembentukan sikap. Untuk itu guru harus merancang pembelajaran yang melibatkan siswa secara keseluruhan seperti model pembelajaran PBL. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan interpersonal rendah di kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan. Penelitian ini berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan skala kecerdasan interpersonal. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal rendah di kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Azi p |
Keywords: | PPKn, Bertoleransi dalam Keberagaman, Model Pembaelajaran, Kecerdasan Intelektual |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 02:06 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30989 |