ISMOYO, JAYUS MUJI (2018) PENGARUN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342019 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7143342019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
3. NIM. 7143342019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4. NIM. 7143342019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 7143342019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 7143342019 TABLES.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
8. NIM. 7143342019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 7143342019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
13. NIM. 7143342019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM. 7143342019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Treffinger lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Istiqlal Delitua Jalan Stasiun No. 1A Desa Suka Makmur Delitua. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 68 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa yang terdiri 30 orang di kelas XI Ak-1 sebagai kelas eksperimen dan 28 orang di kelas XI Ak-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 64,17 dengan standar deviasi = 8,20 dan nilai rata-rata post-test siswa = 80,33 dengan standar deviasi = 8,09. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 62,86 dengan standar deviasi = 7,50 dan nilai posttest siswa = 72,86 dengan standar deviasi = 6,99. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (3,792 > 1,672), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05% dengan dk= n1+ n2-2 = 56.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Treffinger lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode
pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi Di SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada pokok bahasan Akuntansi Kas kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 106 |
Keywords: | Model Pembelajaran Treffinger, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 08:25 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30986 |