Siregar, Nurhaida Oktariani (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMK NAMIRA TECH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136172062 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 8136172062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
3. NIM. 8136172062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM. 8136172062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
5. NIM. 8136172062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 8136172062 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 8136172062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8136172062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8136172062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
13. NIM. 8136172062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 8136172062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy dengan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik di SMK Namira Tech Nusantara, Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik Efektif terhadap kemampuan Komunikasi matematika dan self efficacy siswa kelas XI SMK Namira Tech Medan Nusantar. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas XII TKJ. Subjek pada uji coba lapangan adalah siswa kelas XI TKJ-A dan siswa kelas XI TKJ-B. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, dan efektif. Rata rata validitas dari 5 orang validator, adalah RPP: 4,46; LKS: 4,40; Buku Siswa: 4,43. Hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 3 ≤ Va < 4); pendapat siswa dan pendapat guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing mencapai ≥ 80%, yakni 89% dan 86%. Keefektifan dilihat dari uji coba lapangan dengan hasil: nilai ketuntasan hasil belajar pada uji coba I belum mencapai kriteria keefektifan (ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%), sedangkan pada uji coba II sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu, 86,67% untuk kemampuan komunikasi matematis dan 90% untuk self efficacy. Respon siswa memenuhi kriteria keefektifan pada uji coba II yakni sebesar 94,20%. (2) Pada uji coba I dan uji coba II menunjukkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy meningkat secara signifikan yang ditunjukkan dari selisih nilai post test pada uji coba I dan uji coba II yaitu 3,22 dan 4,81. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Sir p |
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan Matematika Realistik, Perangkat Pembelajaran, Self Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 08:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30979 |