ARDIANTI, FITRI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM APIPSU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143142017 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 7143142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 7143142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. NIM 7143142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 7143142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 7143142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7143142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 7143142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
13. NIM 7143142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM 7143142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK BM Apipsu Medan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi jika
diterapkan model pembelajaran Think Pare Share (TPS) dengan Strategi
Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) siswa di kelas XI AK
SMK BM Apipsu Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Apipsu Medan. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus
terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data
mengggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Dari data hasil pengamatan aktivitas yang dilaksanakan pada siklus I
terdapat 13 siswa dari 24 siswa yang mendapat nilai ≥ 23 atau sebesar (54,17%),
dan 11 siswa mendapat nilai ≤ 23 atau sebesar (45,83%) dengan nilai rata – rata
aktivitas belajar siswa sebesar 21,79. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 23
sebanyak 20 siswa (83,33%), dan siswa yang memperoleh niali ≤ 23 sebesar 4
siswa (16,67%) dengan nilai rata – rata aktivitas belajar siswa sebesar 24,37.
Sedangkan dari data hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat
15 siswa dari 24 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar (62,5%), dan 9
siswa mendapat nilai ≤ 75 atau sebesar (37,5%), dengan nilai rata – rata hasil
belajar siswa 78,75. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 20
siswa (83,3%), dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 sebesar 4 siswa (16,7%)
dengan nilai rata – rata 84,17. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan aktivitas 75% atau ≥ 23 dan
hasil belajar 80% atau ≥ 75, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus
berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan model pembelajaran Think Pare Share (TPS) dengan Strategi
Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK pada Standar Kompetensi
Memproses Dokumen Dana Kas Kecil di SMK BM Apipsu Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 107 |
Keywords: | Think Pair Share, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampauan Berpikir, Aktivitas dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 15:30 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30977 |