WARDHANI, AULIA (2018) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN BUATAN GURU BAHASA INDONESIA DI SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2141111006 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 2141111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2141111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4. NIM 2141111006 PREPARE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM 2141111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 2141111006 TABLE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 2141111006 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
12. NIM 2141111006 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. NIM 2141111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dan kelayakan instrumen
penilaian buatan guru mata pelajaran bahasa Indoesia dengan kurikulum 2013. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode dokumentasi.
Instrumen yang digunakan dalam menjaring data adalah rencana pelaksanaan
pembelajaran dan Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi 2016. Data yang
dianalisis adalah instrumen peneilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
terdapat dalam Rpp guru bahasa Indonesia kelas X dan kelas XI.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya kesesuaian instrumen penilaian sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang dibuat oleh guru kelas X dan XI dengan
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, indikator capaian, materi dan rubrik penilaian
kurikulum 2013. Namun, pada butir instrumen keterampilan ditemukan dua butir
instrumen yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar, yaitu KD 4.11 dan KD 4.16
pada kelas X serta KD 4.18 pada kelas XI. Selain itu, kelayakan instrumen penilaian
yang diperoleh dari hasil analisis adalah penilaian pada kelas X: sikap sebesar 100%,
pengetahuan sebesar 99.3%, keterampilan sebesar 94,7% secara keseluruhan kelayakan
instrumen penilaian kelas X adalah 98%. Sedangkan pada kelas XI kelayakan
instrumen penilaian yang diperoleh adalah sikap sebesar 100%, pengetahuan sebesar
97,7%, keterampilan sebesar 97,6% secara keseluruhan kelayakan instrumen penilaian
kelas XI adalah 98,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 130 |
Keywords: | Instrumen penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kurikulum 2013 |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 12:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30973 |