PAHWANI, DEWI (2018) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ANAK BANGSA MANDIRI KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143113005_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1143113005_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. NIM. 1143113005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 1143113005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. NIM. 1143113005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143113005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143113005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143113005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1143113005_BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM. 1143113005_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1143113005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 1143113005_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya permainan-permainan dalam proses pembelajaran pada anak usia dini dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 4-5 tahun di TK Anak Bangsa Mandiri T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design dengan populasi seluruh anak kelas A dengan sampel penelitian 20 anak. Kelas A menjadi kelas ekperimen dengan menggunakan permainan ular tangga, instrumen yang digunakan adalah observasi dalam bentuk kisi-kisi kecerdasan logika matematika anak dengan indikator 4 dan deskriptor berjumlah 12. Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata posttest di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata pretest. Pada waktu permainan ular tangga berlangsung dilakukan pengamatan terhadap anak dan seluruh kegiatan anak pada hari itu. Dari hasil uji normalitas pada tahap pretes dan posttest diketahui data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas pada tahap pretes dan tahap posttest diketahui bahwa keduanya berasal dari kelompok yang homogen. Untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung>ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada “Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di TK Anak Bangsa Mandiri Kecamatan Labuhan Deli T.A 2017/2018”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 079 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 09:11 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30958 |