PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS FABEL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KABANJAHE

Perangin-angin, Inawati (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS FABEL BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KABANJAHE. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156192040 COFER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156192040 COFER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156192040 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156192040 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156192040 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156192040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156192040 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156192040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156192040 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156192040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156192040 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156192040 LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156192040 TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156192040 TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156192040 GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156192040 GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156192040 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156192040 BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 8156192040 BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 8156192040 BAB V.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 8156192040 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM 8156192040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pengembangan menulis teks fabel bermuatan karakter bagi siswa SMP belum dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mewujudkan proses pengembangan kemampuan menulis teks fabel bermuatan karakter ini secara lebih baik. Upaya tersebut dapat dapat dilakukan dengan cara penggunaan produk pendidikan seperti bahan ajar berupa modul yang dapat menunjang pembelajaran. Pendekatan kontekstual adalah suatu pendekatan yang karakteristinya memenuhi tujuan belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kebutuhan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter dengan pendekatan kontekstual, (2) kelayakan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter dengan pendekatan kontekstual, (3) hasil uji coba menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Dick dan Carrey. Subjek penelitian ini tediri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa pada uji coba perorangan berjumlah 3 siswa, uji coba kelompok kecil berjumlah 9 siswa, uji coba lapangan terbatar berjumlah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabanjahe. Hasil validasi ahli materi meliputi komponen kelayakan isi dengan rata-rata 91,66% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh nilai rata-rata 96,25% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa diperoleh nilai rata-rata 95, 83% pada kriteria sangat baik, dan kelayakan kontekstual diperoleh nilai rata-rata 84,72% pada kritria sangat baik. Hasil validasi ahli desain meliputi komponen ukuran modul memiliki nilai rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik, desain sampul modul memiliki nilai rata-rata 78,57% dengan kriteria baik, dan desain isi modul memiliki nilai rata-rata 83,33% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh nilai rata-rata 79,44% pada kriteria baik. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 87,03 pada kriteria sangat baik. Hasil uji coba lapangan terbatas diperoleh nilai rata-rata 92,72% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar dengan nilai rata-rata 65,71% berada pada criteria baik dan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar rata-rata 81,25% pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter dengan pendekatan kontekstual yang telah dikembanagkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 421 Per p
Keywords: Modul; hakekat menulis; Teks Fabel; Pendidikan karakter; Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PE English > PE1700 Dialects. Provincialisms, etc.
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Oct 2018 08:26
Last Modified: 16 Oct 2018 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30953

Actions (login required)

View Item
View Item