RAHMA, EKA WELISDA (2018) PENERAPAN MODEL CONCEPT SONG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111016_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143111016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM. 1143111016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1143111016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 1143111016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143111016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143111016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143111016_BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 1143111016_BAB V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
14. NIM. 1143111016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1143111016_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Concept Song dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia Kec.
Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV A SD Negeri 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan TA. 2017/2018 sebanyak 1 kelas, dengan 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan.
Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Berdasarkan dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar
sebanyak 2 orang (7,40%) dan yang tidak tuntas sebanyak 25 orang (92,60%)dengan nilai rata-rata kelas 40,93. Berdasarkan hasil observasi pada pertemuan pertama terlihat sebanyak 2 siswa yang aktif (7,40%) dan yang belum aktif
sebanyak 25 orang (92,60%). Dilanjutkan dengan observasi pada pertemuan II terdapat 7 siswa yang aktif (25,92%) dan yang belum aktif sebanyak 20 siswa (74,08%). Setelah dilaksanakan siklus I diperoleh nilai Post test pertama siswa tuntas belajar 12 orang (44,44%) dan yang tidak tuntas sebanyak 15 orang (55,56%) dengan nilai rata-rata kelas 56,86. Lalu dilakukan observasi siklus II pertemuan I terdapat 17 siswa aktif (62,97%) dan yang tidak aktif 10 siswa (37,03%) dan siklus II pertemuan II terdapat 25 siswa yang aktif (92,60%) dan yang belum aktif terdapat 2 siswa (7,40%). Melihat dari hasil perolehan nilai siklus 1 maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II dengan diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 orang (88,89%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang (11,11%) dengan nilai rata-rata (73,15). Berdasarkan hasil Penelitian maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Concept Song dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 450 |
Keywords: | Model Concept Song, Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 14:34 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30942 |