Nazmah (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS X MAN 1 PADANG SIDEMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136172057 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8136172057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
3. NIM. 8136172057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM. 8136172057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 8136172057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM. 8136172057 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 8136172057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136172057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136172057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (889kB) | Preview
13. NIM. 8136172057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14. NIM. 8136172057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran berbasis model kooperatif tipe jigsaw yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. (2) Mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik melalui penggunaan perangkat pembelajaran dapat meningkat. (3) Mengetahui apakah keterampilan sosial siswa melalui penggunaan perangkat pembelajaran dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap dissaminate dilakukan dengan disain quasi eksperimen one group pre-test post-tets dengan teknik analisis data statistik kuantitatif uji t. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa dan guru kelas X. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. (1) Validitas ditunjukkan dari hasil 5 orang validator, rata-rata total validitas untuk RPP: 4,25; LKS: 4,00; Buku Siswa: 4,19; Tes Kemampuan Pemecahan Masalah: 3,64 dan Angket Keterampilan Sosial: 4,30. Hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 3 ≤ Va < 4). Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil: lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,92; Respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,31 dan 3,50, hasil uji keterbacaan ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). Kefektifan dilihat dari uji coba lapangan dengan hasil: nilai ketuntasan hasil belajar pada uji coba lapangan pertama belum mencapai kriteria keefektifan (ketuntasan belajar klasikal 85%), sedangkan pada uji coba lapangan kedua sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik (3,50 - 4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. (2) Pada uji lapangan pertama dan kedua menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis meningkat secara signifikan yang ditunjukkan dari nilai (sig.) = 0,00 ((sig.) 0,05). Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Naz p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw, Pemecahan Masalah, Keterampilan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Sep 2018 02:19 |
Last Modified: | 29 Sep 2018 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30935 |