Puspita, Debby May (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 028227 BINJAI SELATAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182010 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8166182010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3. NIM. 8166182010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 8166182010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 8166182010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM. 8166182010 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8166182010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8166182010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8166182010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM. 8166182010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 8166182010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Apakah Pemahaman Konsep IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingan dengan model pembelajaran pembelajaran langsung (Direct Instruction) ?, (2) Apakah pemahaman konsep IPA siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan sikap ilmiah rendah ? (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi pemahaman konsep IPA siswa ?. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan Total Sampling sebanyak dua kelas. Instrumen terdiri dari tes pemahaman konsep IPA berupa tes pilihan berganda dan angket sikap ilmiah siswa. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman Konsep IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran pembelajaran langsung (Direct Instruction) hal ini terlihat dari rerata pemahaman konsep IPA yang diajarkan dengan model DL ( ̅ = 81,738), sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran DI ( ̅ = 69,261) dengan nilai sig. 0,000; (2) Pemahaman konsep IPA siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah, hal ini terlihat dari rerata pemahaman konsep IPA siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi ( ̅=78,722), sedangkan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah ( ̅ = 72,277) dengan nilai sig. 0,000. (3) Ada Interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi pemahaman konsep IPA siswa dengan sig. 0,028, dimana pemahaman konsep IPA siswa optimal pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran DL untuk sikap ilmiah tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Pus p |
Keywords: | Pemahaman Konsep IPA, Sikap Ilmiah, dan Model Discovery Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 07:34 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30922 |