Pulungan, Nora Esteriah (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172042 COVER.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
2. NIM 8166172042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3. NIM 8166172042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 8166172042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM 8166172042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 8166172042 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 8166172042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 8166172042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM 8166172042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
13. NIM 8166172042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 8166172042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung (3) pola jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa Sei Kanan yang terakreditasi B. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kreatif (2) tes kemampuan pemecahan masalah, dengan pokok bahasan segi empat. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan pola jawaban siswa pada model pembelajaran berbasis masalah dan pengajaran langsung. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung adalah 70,43 lebih besar dari F tabel yaitu 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran berbasis masalah yaitu 8,24 lebih besar dari pembelajaran langsung yaitu 5,39. (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung adalah 77,80 lebih besar dari F tabel yaitu 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran berbasis masalah yaitu 47,65 lebih besar dari pembelajaran langsung yaitu 22,31. (3) Pola jawaban siswa pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510 Pul p |
Keywords: | Pola Jawaban Siswa; Pemabelajaran Langsung; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30918 |