Sitio, Dian Rasita (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172012 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8166172012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
3. NIM 8166172012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM 8166172012 PERFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 8166172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 8166172012 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8166172012 ILLISTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8166172012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8166172012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
13. NIM 8166172012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 8166172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan self-efficacy yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (3) Menganalisis kesalahan jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 di SMP Negeri 1 Jorlang Hataran berjumlah 48 siswa. Instrumen yang dingunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian, dan angket self-efficacy matematika . Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas untuk kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pengujian Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Nilai n-gain hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1 yaitu 0,5706 dan 0,4477. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan self-efficacy matematis antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis budaya batak toba dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Nilai n-gain hasil tes self-efficacy siswa pada kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1 yaitu 0,4813 dan 0,3082 .(3) Pola jawaban siswa pada kelas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sit p |
Keywords: | Matematika, Model Pembelajaran, Slf-Efficacy, Budaya Batak Toba |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 07:06 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30905 |