Sianipar, Vina Merina (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATERI PUISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA T.P 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192029 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 8166192029 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM 8166192029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. NIM 8166192029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 8166192029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM 8166192029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 8166192029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8166192029 BAB I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
12. NIM 8166192029 BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM 8166192029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk instrumen penilaian autentik dalam bentuk buku panduan dan instrumen penilaian autentik pada materi puisi dan mengetahui proses pengembangan dan kelayakan produk tersebut. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian yang disederhanakan sampai dengan uji coba produk. Pengambilan data dilakukan melalui validasi ahli materi, ahli desain, ahli evaluasi, tanggapan guru bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Rantau Utara, dan peserta didik kelas X SMA berjumlah 35 orang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke dalam data kualitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar berupa buku panduan dan instrumen penilaian autentik dalam bentuk media cetak, yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi, ahli desain, ahli evaluasi dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar. Kelayakan materi ajar pembelajaran sesuai dengan hasil validasi. Penilaian produk berupa buku panduan dan instrumen penilaian autentik oleh ahli materi menunjukkan bahwa presentasi kesesuaian materi tugas dengan KI dan KD yaitu 88% masuk ke dalam kategori sangat baik, bahasa dan tulisan instrumen yaitu 97% dengan kategori sangat baik, aktivitas belajar peserta didik memiliki persentasi sebesar 94% dengan kategori sangat baik, dan materi pendukung memiliki presentasi sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Rata-rata secara keseluruhan adalah 92% masuk ke dalam kategori sangat baik. Penilaian buku panduan dan instrumen penilaian autentik oleh ahli desain dengan rata-rata secara keseluruhan adalah 91% masuk ke dalam kategori sangat baik. Penilaian buku panduan dan instrumen penilaian autentik oleh ahli evaluasi dengan rata-rata secara keseluruhan adalah 96 % masuk ke dalam kategori sangat baik Penilaian buku panduan dan instrumen penilaian autentik oleh guru bahasa Indonesia memiliki total presentase rata-rata 89 % dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada hasil uji keterpakaian pretest dengan nilai rata-rata 73,17 dan postes dengan nilai rata-rata 80,48. Dapat disimpulkan bahwa buku panduan dan instrumen penilaian autentik hasil pengembangan layak dipakai sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 811.071 2 Sia |
Keywords: | Kurikulum; Puisi; Membaca; Musikalisasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 07:53 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30893 |