Ulfa, Chairunnisa (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192004 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. NIM 8156192004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (963kB) | Preview
3. NIM 8156192004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 8156192004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 8156192004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM 8156192004 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 8156192004 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8156192004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 8156192004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
13. NIM 8156192004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM 8156192004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks negosiasi berbasis kontekstual pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 36 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes menulis teks negosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 90,1% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,3% pada kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 93,2% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 89,5% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 94% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 77,77% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 82,5% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 88,8% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks negosiasi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 68,19, sedangkan hasil belajar tes menulis teks eksposisi siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 83,88. Selisih yang diperoleh sebesar 15,69 dari sebelum ke sesudah. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks negosiasi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis kontekstual.
Implikasi penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi teks negosiasi sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411 Ulf p |
Keywords: | Pengembangan, bahan ajar, teks negosiasi, modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 02:46 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30880 |