Hayati, Wardah (2018) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI TEKNIK WORKSHOP MODEL ADDIE DI SMA KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156132095 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8156132095 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM. 8156132095 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 8156132095 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 8156132095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8156132095 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8156132095 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8156132095 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156132095 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
13. NIM. 8156132095 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8156132095 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru bahasa Arab di SMA Kota Langsa dalam menyusun RPP kurikulum 2013 melalui supervisi teknik workshop model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran bahasa Arab yang berjumlah lima orang yang berasal dari lima SMA di Kota Langsa, yaitu SMAS Muhammadiyah Langsa, SMAS Jaya Langsa, SMAS Cut Nyak Dhien Langsa, SMAN 3 Langsa dan SMAN 2 Langsa, menggunakan instrumen pedoman wawancara dan penilaian telaah RPP kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 serta menggunakan daftar cocok/check list. Untuk mengamati kegiatan aktifitas guru selama mengikuti workshop digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Kompetensi yang dinilai mencakup sembilan indikator: (1) identitas RPP; (2) perumusan indikator RPP; (3) perumusan tujuan pembelajaran pada RPP; (4) pemilihan materi ajar pada RPP; (5) pemilihan sumber belajar; (6) pemilihan media belajar; (7) model pembelajaran; (8) skenario pembelajaran; dan (9) penilaian hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 78 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85,6, hal ini telah menujukkan peningkatakan kompetensi sebanyak lima orang guru (100%) telah mampu menyusun RPP dengan kriteria perolehan nilai ≥ 80. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi teknik workshop model ADDIE dapat meningkatkan kompetensi guru bahasa Arab dalam menyusun RPP. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada pengawas/supervisor yaitu pelaksanaan supervisi bimbingan secara kelompok dengan menggunakan teknik workshop model ADDIE dalam upaya membantu guru menyusun RPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Hay p |
Keywords: | Kompetensi Guru, Supervisi Teknik Workshop, Model ADDIE, RPP. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 03:22 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30878 |