Batubara, Abdul Aziz (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MAS. ISLAMIYAH SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122033 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 8156122033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
3. NIM. 8156122033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM. 8156122033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 8156122033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 8156122033 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8156122033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 8156122033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8156122033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
13. NIM. 8156122033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8156122033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang dikembangkan pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey untuk menghasilkan media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung pada pelajaran matematika. Materi ini disusun secara sistematis sebagai bagian dari materi pelajaran dikelas X (Sepuluh) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA).
Dalam Penelitian ini media pembelajaran dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang interaktif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara langsung dikelas maupun sebagai media pembelajaran mandiri dirumah.
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry ini melalui tiga tahapan. Pertama, melakukan penilitian pendahuluan yang secara umum mengikuti model Dick & Carey yang dipadukan dengan Model Borg & Gall untuk merumuskan materi media pembelajaran interaktif bangun ruang sisi lengkung. Kedua, menggunakan dan mengintegrasikan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry sebagai media pembelajaran dalam proses belajar matematika. Ketiga, media tersebut diuji coba melalui berbagai tahapan yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji perorangan, sembilan orang siswa untuk uji kelompok kecil, dan empat puluh orang siswa untuk uji lapangan. Kualitas produk pengembangan dievaluasi dengan menggunakan angket. Hasil evaluasi dari subyek uji coba diakumulasi serta di analisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil keseluruhan validasi dan uji coba yang dilakukan memberikan penilaian pada tingkat sangat baik/sangat layak sehingga dapat dikatakan bahwa hipotess penelitian ini dapat diterima. Hal ini berarti media yang dikembangkan layak digunakan dan memberikan implikasi positif dalam meningkatkan hasil belajar sisiwa dengan kecepatan belajar masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Bat p |
Keywords: | Pembelajaran Matematika,Media Pembelajaran, Miscroft Power Point, Teknologi Pendidikan, Adobe Flash |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 03:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30764 |