Sinaga, Susi Friska (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI KELAS X SMK PELAYARAN BUANA BAHARI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192023 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM 8156292023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
3. NIM 8156192023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 8156192023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 8156192023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM 8156192023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 8156192023 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM 8156192023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 8156192023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM 8156192023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM 8156192023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penyusunan bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi; (2) kelayakan bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi; dan (3) keefektifan bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi di kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sanjaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, angket, dan tes mengenai materi teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi isi/materi meliputi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa secara keseluruhannya mencapai 92,93% pada kriteria sangat baik; (2) validasi desain pembelajaran meliputi aspek ukuran fisik modul, desain sampul, desain isi dengan rata-rata 85,15% pada kriteria sangat baik; (3) keefektifan bahan ajar ditunjukkan dari hasil postes sebesar 85,50% (lebih tinggi dibandingkan hasil pretes sebesar 76,17%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis lingkungan pada materi teks laporan hasil observasi layak dan efektif digunakan sebagai sumber belajar. Implikasi penelitian ini memberikan sumbangan praktis, terutama pelaksanaan pembelajaran bagi pendidik sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi teks laporan hasil observasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Sin p |
Keywords: | pengembangan, bahan ajar, teks observasi, lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 03:12 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30739 |