Sari, Lia Nova (2018) ANALISIS MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MEDIA EXE LEARNINGPADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS DI SMA KELAS X. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156142033 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM. 8156142033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
3. NIM. 8156142033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 8156142033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. NIM. 8156142033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM. 8156142033 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 8156142033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156142033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 8156142033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM. 8156142033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 8156142033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction, yang kedua pembelajarannya menggunakan media eXe Learning, serta analisis korelasi antara moivasi dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan masing-masing terdiri dari 30 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dan angket motivasi sebanyak 20 pernyataan. Berdasarkan hasil uji post test diuji t-test dengan menggunakan SPSS 20. Uji hipotesis pertama yang diperoleh adalah thitung < ttabel yaitu 1,439 < 1,672 pada taraf signifikansi α = 0,05. Ini berarti bahwa Ho diterima yaitu, tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan direct instruction, yang keduanya menggunakan media eXe Learning. Uji hipotesis kedua diperoleh bahwa thitung < ttabel yaitu 0,310 < 1,672 pada taraf signifikansi α = 0,05. Ini berarti Ho diterima yaitu, tidak ada perbedaan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan direct instruction, yang keduanya menggunakan media eXe Learning. Uji hipotesis ketiga dan keempat yang diperoleh adalah r = 0,843 dan r = 0,828 pada taraf signifikansi α = 0,05 yang berarti Ha diterima, berarti terdapat korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing maupun direct instruction, yang kedua pembelajarannya menggunakan media eXe Learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.37 Sar a |
Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, eXe Learning, Direct Intruction, Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 02:55 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30732 |