Ramadhana, Raden Sri (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MAN 1 TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156172030 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 8156172030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (938kB) | Preview
3. NIM 8156172030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 8156172030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 8156172030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM 8156172030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (722kB) | Preview
10. NIM 8156172030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
11. NIM 8156172030 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran
matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 2) kepraktisan
perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang
dikembangkan;3) efektivitas perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan
matematika realistik yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan berpikir kritis
siswa MAN 1 Tanjung Pura dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika
berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; 5) peningkatan
kemampuan komunikasi siswa MAN 1 Tanjung Pura dengan menggunakan perangkat
pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan
menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define,
design, develop, and disseminate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X MAN 1 Tanjung Pura, pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling dan kelas yang dijadikan sebagai sampel untuk uji coba adalah kelas X-IPA-2
dan kelas X-IPA-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran
berbasis RME yang dikembangkan memenuhi kriteria valid yaitu perolehan nilai rata-rata
total validitas RPP senilai 4,38, buku guru senilai 4,41, buku siswa senilai 4,41, dan LKS
senilai 4,38 serta tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa berada
pada kategori valid, 2) perangkat pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan
memenuhi kriteria praktis yaitu penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang
dikembangkan secara keseluruhan baik dan dapat digunakan dengan mudah, guru dan
siswa mengatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mudah dan
keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan
berada pada kategori baik, 3) perangkat pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan
memenuhi kriteria efektif yaitu ketuntasan belajar secara klasikal, ketercapaian tujuan
pembelajaran, ketercapaian waktu pembelajaran dan respon siswa terhadap komponenkomponen
perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif, 4) terjadi
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat
pembelajaran matematika berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan
yaitu rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa pada uji coba I sebesar 3,37
meningkat menjadi 3,43 pada uji coba II, dan 5) terjadi peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika
berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan yaitu rata-rata pencapaian
kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada uji coba I sebesar 3,51 meningkat
menjadi 3,60 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ram p |
Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan model 4-D. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 03:30 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30691 |