Syahrul (2018) STRATEGI PEMANFAATAN SUMBER DAYA SEKOLAH PADA SMA RUJUKANSMA NEGERI 1 AIR PUTIH KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156132048 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2 NIM. 8156132048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3 NIM. 8156132048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4 NIM. 8156132048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5 NIM. 8156132048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6 NIM. 8156132048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM. 8156132048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 8156132048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
9 NIM. 8156132048 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13 NIM. 8156132048 BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14 NIM. 8156132048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemanfaatan sumber daya
sekolah, sumber daya manusia, kesiswaan, kerjasama dengan masyarakat, keuangan
dan sarana prasarana sekolah pada SMA Negeri 1 Air Putih sebagai sekolah
Rujukan. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif,data yang dikumpulkan
melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis
dengan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga proses, yakni (a)
Reduksi data; (b) Penyajian data; dan (c) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data
dilakukan melalui triangulasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala
sekolah, guru bidang study, guru BP/BK dan bendahara sekolah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi pemanfaatan sumber daya sekolah telah dilaksanakan
secara strategis, hal ini ditunjukkan dengan pemanfaatan sumber daya manusia
dengan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam
menyusun dan melaksanakan program sekolah yang mengacu pada RKS, RKTS,
RKJM dan tingkat kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan yang sangat
tinggi, ketertiban siswa dengan menerapkan praktik-praktik baik daftar negative
point berbasis HAM, terbangunnya kerjasama dengan komite sekolah dengan
menghasilkan sumbangan tidak terikat yang tidak dapat ditanggulangi dari dana
BOS, transparansi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada Badan
Pemeriksa Keuangan (BPK), sarana prasarana yang dimiliki sekolah sehingga
menjadi sekolah rujukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Sya s |
Keywords: | Strategi, Pemanfaatan, Sumber Daya Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 07:24 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30641 |