Maulidiana (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD NEGERI 024183 KEC. BINJAI TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182062 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 8156182062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. NIM. 8156182062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 8156182062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 8156182062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8156182062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8156182062 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 8156182062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 8156182062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
13. NIM. 8156182062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
14. NIM. 8156182062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penggunaan media
pembelajaran dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Dan penelitian ini
merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang
bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media
pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran
interaktif menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur
pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu:
Analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan),
implementation (penerapan), evaluation (penilaian). Subjek Penelitian ini adalah
39 orang siswa kelas SD Negeri 024183 Kec. Binjai Timur. Instrumen
pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli desain
pembelajaran, ahli media dan guru kelas, angket/kuesioner untuk siswa, observasi
aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang terlebih dahulu dilakukan validasi
empiris. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik
deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala
penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi
validitas isi oleh ahli materi mencapai 4,63, ahli desain pembelajaran mencapai
4,50 dan ahli media 4,71 dengan kategori sangat baik dan masuk kriteria valid dan
layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 83,42%, ketuntasan belajar
klasikal mencapai 82,1% dengan persentase N-gain mencapai 0,75 serta mendapat
respon posistif dari siswa mencapai 74,9% dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Mau p |
Keywords: | Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 08:39 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30637 |