Yanti, Dwi Mirza (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 027977 BINJAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182011 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 8156182011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3. NIM 8156182011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM 8156182011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM 8156182011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM 8156182011 TABLES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM 8156182011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 8156182011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 8156182011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
13. NIM 8156182011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM 8156182011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis
keterampilan sosial dikelas V SD Negeri 027977 Binjai Tahun Ajaran 2017/2018.
Bahan ajar berbasis keterampilan sosial ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dengan memenuhi kriteria Valid, Praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu kepada
model Borg and Gall yang telah di sesuaikan dengan kebutuhan. Rancangan dalam
uji coba menggunakan pretest dan posttest dengan uji statistik paired sample T test
yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar yang di
terapkan pada dua sekolah. Temuan hasil penelitian yakni : 1) Bahan ajar Berbasis
Keterampilan Sosial telah memenuhi kriteria Valid; 2) Keefektifan peningkatan
bahan ajar disimpulkan berdasarkan pada hasil Post-Test siswa pada tahap uji skala
besar yang sebelumnya 48% dinyatakan tuntas meningkat menjadi 76% siswa
dinyatakan tuntas untuk kelas eksperimen dan yang sebelumnya 62% dinyatakan
tuntas meningkat menjadi 70% dinyatakan tuntas untuk kelas pembanding. 3) Hasil
dari Uji Paired T Test adalah nilai sig(2-tailed) pada SDN 020977 Binjai sebesar
0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang nyata antara hasil
belajar IPS pada data Pretest dan Postes. Serta nilai sig(2-tailed) pada SDN 050701
Hinai sebesar 0.001 < 0.05 maka dapat disimpulkan perbedaan yang nyata antara
hasil belajar IPS pada data Pretest dan Postest. 4) Kepraktisan bahan ajar
disimpulkan berdasarkan respon guru dan respon siswa; (i) respon guru terhadap
Bahan ajar pada uji coba mencapai rata rata 92& dengan kategori Valid. 5) Hasil
Observasi yang dilakukan peneliti mencapai persentase 81% pada kelas eksperimen
dan 85 % pada kelas pembanding maka dapat di artikan sikap keterampilan sosial
siswa tergolong baik setelah penerapan bahan ajar yang dikebangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Yan p |
Keywords: | Bahan Ajar, Model Pengembangan Borg And Gall , Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 08:31 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30636 |