PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK LATIHAN ASSERTIF TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA FULL DAY SCHOOL KELAS XI IPA SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

ASTUTI, DWI FITRI (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK LATIHAN ASSERTIF TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA FULL DAY SCHOOL KELAS XI IPA SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143151014_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143151014_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143151014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143151014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143151014_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143151014_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143151014_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143151014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143151014_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143151014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143151014_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143151014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143151014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143151014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143151014_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143151014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143151014_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143151014_BAB I.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143151014_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143151014_BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143151014_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143151014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh konseling kelompok teknik latihan asertif terhadap perilaku membolos siswa full day school
kelas XI IPA SMA Swasta Darussalam Medan tahun ajaran 2017/1018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik latihan asertif terhadap perilaku membolos siswa full day school kelas XI IPA SMA Swasta Darussalam Medan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penilitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest design.
Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa yang ditentukan dengan tehnik sampling purposif (sampel bertujuan) dengan karakteristik siswa yang memiliki
masalah membolos full day school yang tinggi dari hasil analisis angket. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes berupa angket. Analisis data untuk menguji
hipotesis digunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan : nilai Jhitung = 15 dengan  = 0,05 dan n = 10 diperoleh nilai J tabel 8, maka Jhitung > JTabel dimana 15 > 8. Artinya bahwa hipotesis diterima. Perubahan penurunan interval perilaku membolos full day school siswa setelah diberi layanan konseling kelompok teknik latihan asertif diperoleh selisih skor 51,9 (47,8 %). Hal ini menunjukkan ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teknik latihan asertif terhadap
perilaku membolos siswa full day school kelas XI IPA SMA Swasta Darussalam Medan T.A 2017/2018 sebesar 47,8 %, dengan demikian hiptesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BK 034
Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Latihan Asertif, Perilaku Membolos Full Day School
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 05 Jun 2018 14:11
Last Modified: 18 Feb 2019 05:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30630

Actions (login required)

View Item
View Item