LARASSATY (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DI KELAS IV SDN 102019 FIRDAUS KEC. SEI RAMPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1143111036_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143111036_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM. 1143111036_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1143111036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1143111036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143111036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143111036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1143111036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143111036_BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
10. NIM. 1143111036_BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 1143111036_BAB III.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
12. NIM. 1143111036_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1143111036_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1143111036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 1143111036_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran MEA dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di kelas IV SDN 102019 Firdaus Kec. Sei Rampah TA. 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IVA SDN 102019 Firdaus Kec. Sei Rampah TA 2017/2018 dengan jumlah siswa 26. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran MEA pada pembelajaran Matematika di kelas IVA SDN SDN 102019 Firdaus Kec. Sei
Rampah menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Dari hasil angket minat belajar Matematika pada siklus I terdapat 19 siswa (73%) berminat. Melihat
hasil dari perolehan persentase minat belajar siswa pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II dengan perolehan siswa yang berminat sebanyak 22 siswa (84,61%). Selain dilihat dari hasil angket peningkatan minat belajar siswa juga terlihat pada observasi kegiatan belajar siswa dimana pada siklus I Rata-rata klasikal dari pertemuan I dan II diperoleh 65,35% berminat,.
Selanjutnya pada siklus II 86,53% berminat. Untuk observasi kegiatan guru pada siklus I rata-rata nilai dari pertemuan I dan II pada siklus I yaitu 83,03 selanjutnya pada siklus II nilai kegiatan guru yaitu sebesar 98,21. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran MEA dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di kelas IV SDN 102019 Firdaus Kec. Sei Rampah TA 2017/2018. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Matematika diharapkan
kepada guru dapat merancang dan mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar, salah satunya menggunakan model pembelajaran MEA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 137 |
Keywords: | Model Pembelajaran MEA, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 12:12 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30609 |