HASIBUAN, DEVI SYAHFITRI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111014_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143111014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 1143111014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1143111014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1143111014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1143111014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1143111014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143111014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1143111014_BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM. 1143111014_BAB V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
14. NIM. 1143111014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran Lerning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan TA. 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V B SDN 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan TA. 2017/2018 sebanyak 1 kelas, dengan 34 siswa yang terdiri
dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2
siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan observasi. Berdasarkan dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 2 orang (5,88%) dan yang tidak tuntas sebanyak 32 orang (94,12%) dengan nilai rata-rata kelas 35,625. Berdasarkan hasil observasi pada pertemuan pertama terlihat sebanyak 4 siswa yang aktif (11,76%) dan yang belum aktif sebanyak 30 orang (88,24). Dilanjutkan dengan observasi pada pertemuan II terdapat 11 siswa yang aktif (32,35%) dan yang belum aktif sebanyak 23 siswa (67,65%). Setelah dilaksanakan siklus I diperoleh nilai Post test pertama siswa tuntas belajar 15 orang (44,11%) dan yang tidak tuntas sebanyak 19 orang (55,89%) dengan nilai rata-rata kelas 65,73. Lalu dilakukan observasi siklus II
pertemuan I terdapat 22 siswa aktif (64,71%) dan yang tidak aktif 12 siswa (35,29%) dan siklus II pertemuan II terdapat 26 siswa yang aktif (76,47%) dan yang belum aktif terdapat 8 siswa (32,53%). Melihat dari hasil perolehan nilai siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II pos test II dengan diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 30 orang (88,23%) dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang (11,77%) dengan nilai rata-rata (77,35). Berdasarkan hasil Penelitian maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Lerning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika degan materi bangun datar dikelas V SDN 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan TA. 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 147 |
Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Learning Start With A Question, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:58 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30580 |