HARIYANTI, NOVI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN TIPE TAI DI KELAS IV SDN 107399 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311041_COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1143311041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 1143311041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 1143311041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 1143311041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 1143311041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1143311041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143311041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1143311041_BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 1143311041_BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 1143311041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Tipe TAI Di Kelas IV SDN 107399 Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 107399 Bandar Khalipah pada semester genap Tahun
Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 98 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A 30 siswa dan IV C 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Pre Test dan Post Test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan dengan tipe TAI. Hasil belajar menggunakan model TGT pada kelas eksperimen I diperoleh dari data pre test dengan nilai rata-rata ( X = 66,66) dengan standar deviasi 31 dan nilai post test dengan nilai rata-rata ( X 1 = 89,5) dengan standar deviasi 36,89. Sedangkan hasil belajar menggunakan model TAI pada kelas eksperimen II
diperoleh dari data pre test dengan nilai rata-rata ( X = 54,16) dengan standar deviasi 28,7 dan nilai post test dengan nilai rata-rata ( X 2= 80,16) dengan standar
deviasi 38,2. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan tipe TAI berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen I Lo (0,125) < Ltabel (0,161) dan
untuk kelas eksperimen II Lo (0,157) < Ltabel (0,161). Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung < Ftabel = 1,07 < 2,07 disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan
perolehan thitung > ttabel = 4,177 > 2,018. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Matematika siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dengan tipe TAI. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan tipe TGT lebih
meningkat dibandingkan dengan tipe TAI. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 148 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Tgt, Tai, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:57 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30579 |