PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN TIPE TAI DI KELAS IV SDN 107399 BANDAR KHALIPAH

HARIYANTI, NOVI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN TIPE TAI DI KELAS IV SDN 107399 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311041_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311041_COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311041_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311041_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311041_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311041_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311041_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311041_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311041_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311041_BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311041_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311041_BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311041_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Tipe TAI Di Kelas IV SDN 107399 Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 107399 Bandar Khalipah pada semester genap Tahun
Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 98 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A 30 siswa dan IV C 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Pre Test dan Post Test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan dengan tipe TAI. Hasil belajar menggunakan model TGT pada kelas eksperimen I diperoleh dari data pre test dengan nilai rata-rata ( X = 66,66) dengan standar deviasi 31 dan nilai post test dengan nilai rata-rata ( X 1 = 89,5) dengan standar deviasi 36,89. Sedangkan hasil belajar menggunakan model TAI pada kelas eksperimen II
diperoleh dari data pre test dengan nilai rata-rata ( X = 54,16) dengan standar deviasi 28,7 dan nilai post test dengan nilai rata-rata ( X 2= 80,16) dengan standar
deviasi 38,2. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan tipe TAI berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen I Lo (0,125) < Ltabel (0,161) dan
untuk kelas eksperimen II Lo (0,157) < Ltabel (0,161). Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung < Ftabel = 1,07 < 2,07 disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan
perolehan thitung > ttabel = 4,177 > 2,018. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Matematika siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dengan tipe TAI. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan dari analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan tipe TGT lebih
meningkat dibandingkan dengan tipe TAI. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 148
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tgt, Tai, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 11:57
Last Modified: 18 Feb 2019 04:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30579

Actions (login required)

View Item
View Item