KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

HIDAYAT, ROBI (2018) KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 2143311051 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2143311051 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 2143311051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2143311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 2143311051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2143311051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 2143311051 ACNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2143311051 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 2143311051 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2143311051 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 2143311051 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2143311051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 2143311051 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 2143311051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 2143311051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2143311051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2143311051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143311051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2143311051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2143311051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menceritakan kembali isi teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang berjumlah 350 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling, karena sumber data yang terlalu banyak sehingga pengambilan sampel pun berdasarkan kelompok yang telah ditetapkan, dan untuk itu peneliti memilih kelas VII-5 untuk dijadikan sampel penelitian. Instumen yang digunakan adalah tes praktek bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan perolehan data, kemampuan menceritakan kembali isi teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dikategorikan baik dengan memperoleh nilai 77. Sebanyak 7 orang atau 22% berada dikategori baik sekali, 11 orang atau 34% berada dikategori baik, 12 orang atau 38% berada dikategori cukup dan 2 orang atau 6% berada dikategori kurang. Tingkat kemampuan tersebut diperoleh dari 2 faktor yaitu faktor kebahasaan dan nonkebahasaan. Adapun rata-rata untuk faktor kebahasaan berada pada kategori baik dengan rata-rata 80, dengan masing-masing kemampuan yaitu pada aspek ketepatan ucapan tergolong baik sekali dengan rata-rata 90, aspek penempatan tekanan, nada, sendi dan durasi yang sesuai tergolong cukup dengan rata-rata 70, aspek pilihan kata (diksi) tergolong baik dengan rata-rata 80, dan aspek menggunakan kalimat efektif tergolong baik dengan rata-rata 83. Sedangkan untuk faktor nonkebahasaan berada pada kategori cukup dengan rata-rata 75, dengan aspek untuk pembawaan sikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku tergolong baik dengan rata-rata 85, aspek menjalin kontak mata tergolong cukup dengan rata-rata 70, aspek untuk gerak-gerik dan mimik tergolong cukup dengan rata-rata 63, aspek untuk kenyaringan suara tergolong baik dengan rata-rata 78, aspek untuk kelancaran bercerita tergolong cukup dengan rata-rata 70, aspek untuk penalaran bercerita tergolong baik dengan rata-rata 83, dan aspek untuk penguasaan topik tergolong baik dengan rata-rata 83. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa dalam menceritakan kembali isi teks fabel dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam mengimplementasikan aspek-aspek yang ada di dalam faktor kebahasaan dan nonkebahasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 074
Keywords: Kemampuan; Menceritakan Kembali; Fabel; Faktor Kebahasaan dan Nonkebahasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 11:54
Last Modified: 18 Feb 2019 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30571

Actions (login required)

View Item
View Item