SIREGAR, ISMA KHAIRIYAH (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DI KELQAS V SD NEGERI NO. 101747 KLUMPANG KEBUN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111039_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1141111039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 1141111039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1141111039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1141111039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1141111039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1141111039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 1141111039_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. NIM. 1141111039_BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
14. NIM. 1141111039_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1141111039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah-masalah yang di temukan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA(SAINS), banyak diantara para siswa nilai pelajaran IPA tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Adapun nilai kkm di sekolah
tersebut adalah 60, penggunaan strategi pembelajaran yang monoton, penyajian materi yang masih terfokus pada metode ceramah, dan kurangnya alat peraga dalam pembelajaran.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang bertujuan untuk menimgkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA(SAINS) dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching di kelas V SD Negeri No. 101747 klumpang kebun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan tes. Dalam pembelajaran menggunakan dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil penelitian dari 24 siswa dapat di ketahui dengan teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal pada materi proses pembentukan tanah karena pelapukan, yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pres test, siklus I, siklus II, dan
lembar observasi digunakan untuk menilai yang dilakukan oleh peneliti. Pada saat pre tes sebanyak 3 orang siswa yang mendapatkan nilai dengan presentase 12.5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 21 orang dengan presentasi 87.5% dengan nilai rata-rata klasikal 41.66. Selanjutnya pemberian tindakan pada siklus I menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching mengalami peningkatan
sebanyak 13 orang dengan presentasi nilai 54.16 %. Dan 11 orang yang tidak mengalami peningkatan dengan presentasi nilai 45.83% nilai rata-rata klasikal yaitu 55.83. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan belum mencapai target yang di tentukan, maka di perlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dapat dilihat peningkatan sebanyak 22 orang siswa mengalami peningkatan hasil belajar
dengan presentasi 91.66% dan 2 orang tidak mengalami peningkatan dengan presentasi nilai 8.33% dengan nilai rata-rata nilai klasikal 72.70. sehinggal tidak
perlu adanya siklus III. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok proses pembentukan tanah karena pelapukan kelas V SD Negeri 101747 Klumpang Kebun Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 149 |
Keywords: | Hasil Belajar IPA; Reciprocal Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30563 |