PURNAMASARI, DEWI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS V SD NEGERI 056634 AIR TAWAR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111025_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1141111025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM. 1141111025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1141111025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 1141111025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1141111025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1141111025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111025_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1141111025_BAB I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 1141111025_BAB V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
15. NIM. 1141111025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing pada pelajaran IPS materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 056634 Air Tawar T.A 217/2018 yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswi perempuan. Objek penelitian ini adalah dengan mengunakan metode pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah post-test pada akhir siklus, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan sangat rendah yaitu 5 siswa tuntas dan 24 siswa belum tuntas dengan persentase hasil belajar klasikal adalah 17,24% pada pre-test dengan nilai rat-rata 40,34. Post-test Siklus I dikategorikan sedang yaitu 14 siswa tuntas dan 15 siswa belum tuntas dengan
persentase 48,27% dengan nilai rata-rata 67,75 sedangkan pada post-test siklus II dikategori sangat tinggi yaitu 26 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas dengan
persentase 89,65% dengan nilai rata-rata 89,65. Rata-rata hasil observasi siswa aspek afektif dan psikomotor pada siklus I sebesar 36,20%% dengan kategori tidak partisipatif dan pada siklus II sebesar 84,48% dengan kategori sangat partispatif. Rata-rata hasil obsevasi guru siklus I sebesar 86,25% dengan kategori partisipatif dan pada siklus II rata-rata hasil observasi guru sebesar 91,00% dengan kategori sangat partisipatif. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode
pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri 056634 Air Tawar T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 150 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30562 |