Siregar, Siti Zaenab (2018) PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK EKA DHARMA SHANTI KECAMATAN MEDAN SUNGGAL T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
02 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
03 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
04 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
15 NIM. 1143113032 SITI ZAENAB SIREGAR - ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Dalam penelitianini yang menjadi sebuah masalah adalah rasa percaya diri anak yang belum berkembang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada anak untuk berinteraksi langsung baik dengan guru maupun teman bermainya, kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode bermain peran yang memberikan kebebasan kepada anak untuk berinteraksi dengan temannya dan menumbuhkan
rasa percaya diri anak untuk terampil dalam berhubungan dengan orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran terhadap rasa percaya diri siswa kelompok B di TK Eka Dharma Shanti
Kecamatan MedanSunggal , Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode desainQuasi Experimental Design dengan bentuk the equivalent time samples design yaitu rancangan yang memberi perlakuan bukan
satu kali melainkan berulang kali dengan diselingi adanya periode yang tidak diberi perlakuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak–anak TK kelompok B
pada TK Eka Dhrama Shanti yang berjumlah 13 orang anak.Pengambilan sampel melalui Random Sampling yaitu sampel diambil secara acak.Variabel bebas adalah metode bermain peran sedangkan variabel terikat adalah rasa percaya diri anak.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pembelajaran bermain peran terhadap rasa percaya diri pada anak kelompok B di TK Eka Dharma shanti Tahun Pelajaran 2017/2018. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung> tabel yaitu 5,175 > 1,711 diterima pada taraf signifikan α 0,05. Artinya terdapat perbedaan rasa percaya diri anak setelah diberi perlakuan bermain peran.
Nilai rata-rata rasa percaya diri anak setelah diberi perlakuan bermain peran 86,23lebih tinggi dibandingkan yang tidak diberi perlakuan mencapai 57,38 dengan selisih 1,62. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bermain peran berpengaruh positif terhadap peningkatan rasa percaya diri pada anak TK Eka Dharma Shanti Medan Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 028 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 10:29 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30554 |