SIMAMORA, SUSRANI (2018) EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK TERHADAP DAYA INGAT PADA MATERI PROTISTA DI KELAS X SMA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141079 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 4133141079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 4133141079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
4. NIM. 4133141079 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 4133141079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. NIM. 4133141079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 4133141079 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 4133141079 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 4133141079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
13. NIM. 4133141079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 4133141079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
15. NIM. 4133141079 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran biologi siswa dengan menggunakan metode mnemonik pada materi protista di kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan yang berjumlah 67 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yakni X A dan X B. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling) yaitu kelas X A yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen yang digunakan sebanyak 25 soal. Dari analisis data diperoleh daya ingat siswa secara klasikal yaitu 70,5%. Berdasarkan hasil data, efektivitas dapat digambarkan dengan daya ingat siswa secara individual sebanyak 15 siswa memiliki R ≥ 70 (46,87%), 11 siswa memiliki 60<R<70 (34,37%) dan 6 siswa memiliki R<60 (18,75%). Efektivitas treatment tidak terpenuhi di mana thitung lebih besar dari ttabel yaitu 15,33 > 1,6955 sehingga H1 diterima di mana ada perbedaan secara siginfikan antara hasil posttest dan retest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mnemonik pada materi protista di kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 adalah tidak efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 069 |
Keywords: | Mnemonik, Efektivitas, Daya Ingat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 10:28 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30552 |