PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS MAHASISWA PGSD S1 FIP UNIMED

Sitohang, Risma (2010) PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS MAHASISWA PGSD S1 FIP UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188810003 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188810003 abstrak.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188810003 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188810003 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188810003 bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188810003 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188810015 bab V.pdf]
Preview
Text
1500071188810015 bab V.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan basil belajar yang dicapai mahasiswa. Hal ini disebabkan mahasiswa kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) motivasi belajar mahasiswa PGSD S1 pada mata kuliah konsep dasar IPS, (2) hasil belajar mahasiswa PGSD S1 pada mata kuliah konsep dasar IPS. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui : (1) tes tertulis; (2) wawancara; (3) observasi ; dan (4) catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Setiap siklus terdiri terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (action),pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Dalam penelitian ini jumlah subjek 39 orang kelas A PGSD Si Tahun akademik 2009/2010. Pada tindakan siklus I yang sudah berhasil sebanyak 14 orang (35,89%) yang belum berhasil sebanyak 25 orang (64,10%), dan skor rata-rata 66,89%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan mahasiswa pada tindakan siklus 1 ini dalam memahami materi berdasarkan tingkat keberhasilan masih tergolong rendah atau belum tuntas. Pada tindakan siklus II yang telah berhasil dalam belajar sebanyak 35 orang (89, 79%), yang belum tuntas sebanyak 4 orang (10,25%), dan skor rata-rata 85,19%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan mahasiswa memahami materi pengaruh budaya barat terhadap budaya Indonesia sudah berhasil atau tuntas. Berdasarkan data di atas peneliti menyatakan hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.053 Sit p
Keywords: Kontekstual;Pembelajaran;Motivasi;Mahasiswa;Tes
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 May 2016 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3053

Actions (login required)

View Item
View Item