Nasution, Surono (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATERI LEMPAR LEMBING. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156111023 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 8156111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. NIM. 8156111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8156111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 8156111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM. 8156111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 8156111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 8156111023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM. 8156111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8156111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar
lempar lembing dengan permainan bagi siswa SMP kelas VIII. Selain itu, penelitian dan
pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang:
pengembangan dan penerapan model pembelajaran materi lempar lembing dengan permainan
bagi siswa sekolah SMP kelas VIII dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik hasil
pengembangan pembelajaran gerak dasar lempar lembing dengan permainan bagi siswa sekolah
SMP kelas VIII. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta
menggunakan metode Penelitian pengembangan Research & Development (R & D). Subyek
dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VIII di 3 sekolah yaitu SMP N 14,
SMP N 35, dan SMP N 27 Medan yang berjumlah 30 orang dari tiap – tiap sekolah.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket,
kuisioner, serta instrumen psikomotorik lempar lembing yang digunakan untuk mengumpulkan
data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba
terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model
menggunakan tes psikomotorik lempar lembing, sedangkan untuk melihat hasil efektifitas model
digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji-t berkorelasi dengan taraf signifikansi α =
0,05. Hasil perhitungan uji t didapatkan t-hitung 2,37 sedangkan t-tabel 1,70, hal ini berarti Ha
diterima sehingga pengembangan model pembelajaran materi lempar lembing ini layak
digunakan
Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model
pembelajaran gerak dasar lempar lembing dengan permainan, siswa dapat belajar secara efektif
dan efisien.(2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih
termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 Nas p |
Keywords: | pengembangan, lempar lembing, model pembelajaran lempar lembing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 May 2018 04:27 |
Last Modified: | 30 May 2018 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30524 |