PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS KULTUR ACEH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEJUJURAN SISWA

Sartika, Yeninda (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS KULTUR ACEH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEJUJURAN SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156175013 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156175013 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156175013 APPROVAL OF SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156175013 APPROVAL OF SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8151675013 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8151675013 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156175013 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156175013 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156175013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156175013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156175013 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156175013 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156175013 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156175013 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156175013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156175013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156175013 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156175013 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156175013 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156175013 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156175013 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156175013 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan
perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning berbasis kultur
Aceh dan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep fisika dan kejujuran
siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate
yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan pengujian terbatas. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), buku siswa, buku guru dan instrument
pemahaman konsep fisika pada materi gerak lurus dan angket kejujuran siswa.
Aspek budaya Aceh diintegrasikan ke dalam fase-fase model discovery learning.
Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola interaksi budaya Aceh yaitu
bermusyawarah. Kelompok siswa pada kegiatan ini dibagi menjadi beberapa
kelompok yang masing-masing sudah memiliki peran yaitu keuchik (ketua), tuha
peut (seketaris) dan ureung gampong sebagai anggota kelompok. Selain itu, aspek
budaya Aceh terdapat pada perangkat pembelajaran, yaitu pada permasalahan yang
diangkat dan ilustrasi yang digunakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X MIA I MA Ulumul Quran Kota Langsa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning berbasis
kultur Aceh valid, praktis dan efektif serta pemahaman konsep fisika dan kejujuran
siswa meningkat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Sar p
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, discovery learning, kultur Aceh, pemahaman konsep, kejujuran siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 May 2018 03:36
Last Modified: 30 May 2018 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30519

Actions (login required)

View Item
View Item