Hutabarat, Irawati Lebora (2018) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176009 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 8156176009 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 8156176009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 8156176009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM. 8156176009 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 8156176009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 8156176009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 8156176009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 8156176009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. NIM. 8156176009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 8156176009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas dan kemampuan
pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model problem based
learning dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian
quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar semester II tahun pelajaran
2016/2017. Sampel penelitian ini di ambil secara cluster random sampling yaitu
sebanyak 2 kelas yang berjumlah 64 siswa, kelas eksperimen yang terdiri dari 32
siswa dibelajarkan dengan model problem based learning dan kelas kontrol terdiri
dari 32 siswa dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kreativitas dalam bentuk uraian
sebanyak 7 item dan kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian
sebanyak 5 item. Hasil analisis dengan uji t adalah kreativitas adalah thitung > ttabel
(2,150 > 1,988) maka dapat disimpulkan kreativitas fisika siswa yang dibelajarkan
dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran langsung dan hasil uji hipotesis kemampuan
pemecahan masalah adalah thitung > ttabel (3,038 > 1,988) maka dapat disimpulkan
kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model
problem based learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan
pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530 Hut e |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Kreativitas, Kemampuan Pemecahan Masalah, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 May 2018 03:28 |
Last Modified: | 30 May 2018 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30518 |