Hasibuan, Fadhli Ihsan Arbas (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS V SDIT NURUL ‘ILMI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 BAB I.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
13. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14. FADHLI IHSAN ARBAS HASIBUAN NIM 8156182017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapat Lickona bahwa pendidikan memiliki
tujuan untuk membimbing para generasi muda menjadi cerdas dan memiliki
perilaku berbudi. Namun, berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran masih memprihatinkan, proses pembelajaran tidak
berbasis saintifik melainkan hanya ingatan, dan hasil belajar PKn masih
berkategori cukup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model
Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan
desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V
TP. 2017/2018, dan sampelnya dipilih secara total sampling sebanyak 60 siswa.
Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PKn dan angket motivasi belajar.
Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL (88,67)
lebih tinggi daripada model direct instruction (79,22), dan rata-rata hasil belajar
siswa yang memiliki motivasi tinggi (88,56) lebih tinggi daripada motivasi rendah
(79,33). Temuan dari hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) terdapat pengaruh
model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKn siswa; (2) terdapat
pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa; dan (3) terdapat
interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
PKn.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Has p |
Keywords: | Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 May 2018 07:22 |
Last Modified: | 25 May 2018 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30483 |