SARI, DESI RATNA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 104214 DELI TUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111004_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1142111004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 1142111004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1142111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1142111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 1142111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1142111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1142111004_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 1142111004_BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 1142111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 104212 Deli Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan pretest-posttest. Populasi penelitian sebanyak 52 siswa yang terbagi kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dengan jumlah 27 siswa di kelas IV-C sebagai kelas eksperimen
dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan 25 siswa di kelas IV-D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung.. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai berjumlah 10 soal. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, bahwa kedua model pembelajaran memberikan pengaruh. Nilai rata-rata pretest 57,70 dan
posttest 78,07 untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pretest 52,56 dan posttest 66,4. Kemampuan literasi siswa yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat model pembelajaran langsung. Dari hasil uji-t didapatkan thitung > ttabel dimana besar nilai thitung= 16,95 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% 1,675. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan Literasi Siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 104214 Deli Tua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 126 |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 May 2018 15:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30469 |