PANE, FATKHU RACHMAN (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR VIRTUAL EDMODO DI SMP SWASTA ISLAM AL-ULUM T.A 2017/201825-04. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133111021 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. 4133111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. 4133111021 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. 4133111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. 4133111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. 4133111021 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. 4133111021 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. 4133111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. 4133111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
10. 4133111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. 4133111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
15. 4133111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual Edmodo lebih tinggi daripada siswa yang di ajarkan dengan pembelajaran
langsung pada siswa kelas VIII SMP Swasta Islam Al-Ulum Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Islam Al-Ulum Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan kelas VIII-4 sebanyak 72 orang. Kelas VIII-2 diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual Edmodo dan kelas VIII-4 diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan essay test sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post
test 86,70 dan simpangan baku post test 7,33. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post test 78,28 dan simpangan baku post test 7,18. Dari analisis data
postest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung = 2,12 dan ttabel = 1,668 yang ternyata thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka
dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual Edmodo lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Islam Al-Ulum Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 089 |
Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik; Pemecahan Masalah; Lingkungan Belajar Virtual Edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 May 2018 14:19 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30463 |