PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR VIRTUAL EDMODO DI SMP SWASTA ISLAM AL-ULUM T.A 2017/201825-04

PANE, FATKHU RACHMAN (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR VIRTUAL EDMODO DI SMP SWASTA ISLAM AL-ULUM T.A 2017/201825-04. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4133111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4133111021 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4133111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4133111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4133111021 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. 4133111021 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4133111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. 4133111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4133111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. 4133111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4133111021 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. 4133111021 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4133111021 ILUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. 4133111021 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4133111021 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. 4133111021 TABLES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4133111021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. 4133111021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4133111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. 4133111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. 4133111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. 4133111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4133111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. 4133111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual Edmodo lebih tinggi daripada siswa yang di ajarkan dengan pembelajaran
langsung pada siswa kelas VIII SMP Swasta Islam Al-Ulum Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Islam Al-Ulum Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan kelas VIII-4 sebanyak 72 orang. Kelas VIII-2 diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual Edmodo dan kelas VIII-4 diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan essay test sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post
test 86,70 dan simpangan baku post test 7,33. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post test 78,28 dan simpangan baku post test 7,18. Dari analisis data
postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung = 2,12 dan ttabel = 1,668 yang ternyata thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka
dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual Edmodo lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Islam Al-Ulum Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 089
Keywords: Pendekatan Matematika Realistik; Pemecahan Masalah; Lingkungan Belajar Virtual Edmodo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 24 May 2018 14:19
Last Modified: 18 Feb 2019 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30463

Actions (login required)

View Item
View Item