Virtuoso, Edyfai (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MESIN KONVERSI ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 POLLUNG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM (5133122007) COVER(1).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
02. NIM (5133122007) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
03. NIM (5133122007) STATEMENT LETTER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
04. NIM (5133122007) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
05. NIM (5133122007) PREVACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
06. NIM (5133122007) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
08. NIM (5133122007) LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
09. NIM (5133122007) APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
10. NIM (5133122007) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
11. NIM (5133122007) CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
12.NIM (5133122007) CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
13. NIM (5133122007) CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM (5133122007) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM (5133122007) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
16. NIM (5133122007) ATTACHMENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa siswa kelas X SMK Negeri 1 Pollung sebagian besar kurang memahami pembelajaran mesin konversi energy dikarenakan siswa tidak mengetahui permasalahan pada mata
pelajaran tersebut yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah,dimana peneliti menemukan banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM,adapun nilai atau hasil belajar yang peneliti temukan adalah hasil belajar siswa dari ratarata 2 tahun terakhir yaitu sebesar 32,8% dari 32 siswa/kelas.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa Mesin Konversi Energi jenis
penelitian adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, evaluasi/refleksi dan kembali pada perencanaan untuk tindakan selanjutnya,
model yang digunakan adalah model problem based learning. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pollung yang berjumlah 32 siswa/kelas.Instrument yang digunakan adalah analisa belajar siswa dan analisa tes tertulis. Analisa belajar siswa digunakan untuk mengetahui kemampuan awal
belajar siswa. Analisa tertulis digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami mata pelajaran mesin konversi energi.Penelitian ini telah berhasil mendeskripsikan implementasi penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam memahami dan menganalisis kejadian mesin koversi energi pada siswa menjadi lebih meningkat,hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes awal,siklus I,dan siklus II,dimana pada tes awal didapat hasil 25%,pada siklus I 56,25% dan pada siklus II 84,38%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 002 |
Keywords: | Hasil Belajar Mesin Konversi Energi, Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 22 May 2018 10:53 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30412 |