PENINGKATAN HASIL BELAJAR MESIN KONVERSI ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 POLLUNG T.P 2017/2018

Virtuoso, Edyfai (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MESIN KONVERSI ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 POLLUNG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 01. NIM (5133122007) COVER(1).pdf]
Preview
Text
01. NIM (5133122007) COVER(1).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM (5133122007) APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM (5133122007) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM (5133122007) STATEMENT LETTER.pdf]
Preview
Text
03. NIM (5133122007) STATEMENT LETTER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM (5133122007) ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
04. NIM (5133122007) ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM (5133122007) PREVACE.pdf]
Preview
Text
05. NIM (5133122007) PREVACE.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM (5133122007) TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
06. NIM (5133122007) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM (5133122007) LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
08. NIM (5133122007) LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM (5133122007) APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
09. NIM (5133122007) APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM (5133122007) CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
10. NIM (5133122007) CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM (5133122007) CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
11. NIM (5133122007) CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM (5133122007) CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
12.NIM (5133122007) CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM (5133122007) CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
13. NIM (5133122007) CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM (5133122007) CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM (5133122007) CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM (5133122007) BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM (5133122007) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM (5133122007) ATTACHMENT.pdf]
Preview
Text
16. NIM (5133122007) ATTACHMENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa siswa kelas X SMK Negeri 1 Pollung sebagian besar kurang memahami pembelajaran mesin konversi energy dikarenakan siswa tidak mengetahui permasalahan pada mata
pelajaran tersebut yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah,dimana peneliti menemukan banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM,adapun nilai atau hasil belajar yang peneliti temukan adalah hasil belajar siswa dari ratarata 2 tahun terakhir yaitu sebesar 32,8% dari 32 siswa/kelas.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa Mesin Konversi Energi jenis
penelitian adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, evaluasi/refleksi dan kembali pada perencanaan untuk tindakan selanjutnya,
model yang digunakan adalah model problem based learning. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Pollung yang berjumlah 32 siswa/kelas.Instrument yang digunakan adalah analisa belajar siswa dan analisa tes tertulis. Analisa belajar siswa digunakan untuk mengetahui kemampuan awal
belajar siswa. Analisa tertulis digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami mata pelajaran mesin konversi energi.Penelitian ini telah berhasil mendeskripsikan implementasi penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam memahami dan menganalisis kejadian mesin koversi energi pada siswa menjadi lebih meningkat,hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes awal,siklus I,dan siklus II,dimana pada tes awal didapat hasil 25%,pada siklus I 56,25% dan pada siklus II 84,38%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 OTM 002
Keywords: Hasil Belajar Mesin Konversi Energi, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 22 May 2018 10:53
Last Modified: 19 Jan 2023 06:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item
View Item