SIHOMBING, MARLINA (2018) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331021 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 4133331021 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 4133331021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4133331021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 4133331021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM. 4133331021 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 4133331021 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 4133331021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 4133331021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM. 4133331021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM. 4133331021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
15. NIM. 4133331021 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan, menstandarisasi, dan uji coba modul kimia pada pokok bahasan Larutan Penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu (1)
analisis kebutuhan materi, (2) perancangan dan pengembangan bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar meliputi standarisasi berdasarkan penilaian BSNP (4)
implementasi. Penelitian diawali dengan memilih silabus kurikulum 2013, kemudian menganalisis buku kimia pada pokok bahasan Larutan Penyangga. Buku yang sudah dianalisis kemudian disusun dalam bentuk draf modul. Modul yang sudah disusun distandarisasi dosen dan guru kimia sesuai dengan angket Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, dengan kelayakan isi (3,53), kelayakan bahasa (3,72), dan kelayakan penyajian (3,60) serta aspek discovery learning (3,26) dengan kriteria valid dan tidak perlu direvisi. Modul yang sudah valid dibuat dalam hard copy. Modul diuji cobakan di sekolah SMA Negeri 2 Kabanjahe kepada siswa kelas XI PMIPA-3 sebagai kelas eksperimen
dan kelas XI PMIPA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan buku ajar yang disediakan oleh sekolah. Nilai rata-rata pretest siswa kelas ekperimen adalah
41,33 dan kelas kontrol adalah 40,16. Setelah proses pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata postest kelas ekperimen naik menjadi 86,11 dan kelas kontrol 78,33.
Nilai peningkatan hasil belajar dihitung dengan gain ternormalisasi (% gain), dimana nilai % gain masing-masing kelas ekperimen dan kelas kontrol adalah
76,7 % dan 69,4%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan thitung > ttabel (1,825 > 1,671). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ha diterima yaitu
peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan modul berbasis discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan buku ajar yang disediakan oleh sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 032 |
Keywords: | MODUL; DISCOVERY LEARNING; HASIL BELAJAR; LARUTAN PENYANGGA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 22 May 2018 10:53 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30411 |