PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS IX ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 PEMATANG RAYA T.A 2017/2018

PURBA, IKA PURNAMAYANI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS IX ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 1 PEMATANG RAYA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 3. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4132111013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 4132111013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf]
Preview
Text
10. BAB 1.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 15 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan statistika bagi siswa kelas IX SMPN 1 Pematang Raya Tahun ajaran 2017/2018. (2) mengetahui apakah roses jawaban siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik dan lebih bervariasi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Pematang Raya Tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas. Dari 8 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas IX-A sebagai kelas ekperimen dengan pembelajaran problem based learning dan kelas IX-G sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes essay yang telah valid dengan jumlah soal sebanyak 5 item. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas eksperimen adalah 75,5 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 66,83. Dari hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi untuk kelas eksperimen sebesar 0.1440 > 0.1429 dan untuk kelas kontrol 0,1440 > 0.565 sehingga dapat disimpulkan data kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data tidak terdapat perbedaan kedua varians atau dengan kata lain kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,0949 < Ftabel = 1,8409. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh Thitung = 2,4959 > Ttabel = 1,6716, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, dan (2) Proses jawaban siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik dan lebih bervariasi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 080
Keywords: -
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 18 May 2018 14:19
Last Modified: 20 Feb 2019 07:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30365

Actions (login required)

View Item
View Item