Sartika, Yeninda (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY BERBASIS KULTUR ACEH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEJUJURAN SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156175013 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 8156175013 APPROVAL OF SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM 8151675013 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM 8156175013 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM 8156175013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 8156175013 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 8156175013 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 8156175013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. NIM 8156175013 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. NIM 8156175013 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM 8156175013 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan
perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning berbasis kultur
Aceh dan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep fisika dan kejujuran
siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate
yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan pengujian terbatas. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), buku siswa, buku guru dan instrument
pemahaman konsep fisika pada materi gerak lurus dan angket kejujuran siswa.
Aspek budaya Aceh diintegrasikan ke dalam fase-fase model discovery learning.
Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola interaksi budaya Aceh yaitu
bermusyawarah. Kelompok siswa pada kegiatan ini dibagi menjadi beberapa
kelompok yang masing-masing sudah memiliki peran yaitu keuchik (ketua), tuha
peut (seketaris) dan ureung gampong sebagai anggota kelompok. Selain itu, aspek
budaya Aceh terdapat pada perangkat pembelajaran, yaitu pada permasalahan yang
diangkat dan ilustrasi yang digunakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X MIA I MA Ulumul Quran Kota Langsa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning berbasis
kultur Aceh valid, praktis dan efektif serta pemahaman konsep fisika dan kejujuran
siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Kultur Aceh, Pemahan Konsep, Kejujuran Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 15 May 2018 14:14 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30345 |